Senin, 24 September 2012

Nursing Agency

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perawat di era sekarang merupakan tenaga kerja pelayanan kesehatan yang banyak dibutuhkan . Banyak negara seperti Amerika, Australia, Uni Emirat Arab, Jepang, Inggris, Irlandia dan negara-negara yang lebih membutuhkan perawat dengan mendesak. Masalah kekurangan perawat bagi negara-negara diatas memberikan kesempatan kepada perawat profesional untuk menghadapi tantangan bisnis global. Mereka tidak dapat menyediakan dengan cukup tenaga perawat lokal untuk memenuhi kekurangan perawat, oleh karena itu pemerintah setempat mempekerjakan dari lintas negara. (Agency, 2009)
Statistik menunjukkan bahwa saat ini 84% dari rumah sakit AS yang kekurangan dan layanan mereka terpengaruh karena kekurangan tenaga perawat yang dialami oleh Amerika. Dengan kekurangan perawat sekarang situasi akan menjadi lebih buruk dalam tahun-tahun berikutnya seperti yang diungkapkan oleh American Hospital Association. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh nursing agency untuk memenuhi kekurangan tenaga perawat dengan menyediakan tenaga keperawatan. Apalagi pada saat hari-hari libur ataupun hari raya, banyak perawat yang mengambil cuti atau libur. Ini merupakan kesempatan besar untuk nursing agency dalam memenuhi tenaga keperawatan

B. Tujuan
1. Tujuan umum:
Mahasiswa memahami gambaran tentang mendirikan dan menjalankan Nursing Agency sebagai bentuk nurse enterpreneur.
2. Tujuan Khusus:
a. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian nursing agency
b. Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan nursing agency.
c. Mahasiswa mampu menyebutkan manfaat dan kerugian nursing agency.
d. Mahasiswa mampu menyebutkan peraturan nursing agency
e. Mahasiswa mampu menjelaskan pendapatan dan asuransi nursing agency.
f. Mahasiswa mampu menjelaskan perihal keuangan nursing agency
g. Mahasiswa mampu menjelsakan bagaimana perekrutan nursing agency
h. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana memberi pelayanan yang baik kepada perawat.
i. Mahasiswam mampu menjelaskan bagaimana mendirikan nursing agency.
j. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana mengoperasikan nursing agency.





















BAB II
TINJAUAN TEORI
A. Definisi
Nursing Agency merupakan upaya keperawatan untuk dapat memenuhi kebutuhan perawatan diri individu dan mencapai kemandirian yang dapat dilakukan dengan cara : mengenali kebutuhannya, memenuhi kebutuhan, melatih kemampuannya. (sailormanyahya, 2010)
Definisi nursing agency seperti yang muncul di Florida Statuta 400,462 menyatakan "Seseorang yang mendapat, membuat penawaran, apakah janji untuk mendapatkan kontrak kesehatan bagi para profesional kesehatan seperti perawat terdaftar, perawat berlisensi praktis, asisten perawat bersertifikat, pembantu rumah kesehatan, sahabat atau pembuat rumah, yang dikompensasi dengan biaya sebagai kontraktor independen, termasuk, namun tidak terbatas pada, kontrak untuk penyediaan pelayanan, kepada pasien dan kontrak untuk memberikan tugas pribadi atau jasa staf ke fasilitas perawatan kesehatan berlisensi di bawah bab 395, bab ini atau bab 429 atau badan usaha lainnya . (Blanche)
Di AS nursing agency menjadi penyedia keperawatan staf per hari atau untuk jangka waktu lebih lama untuk rumah sakit, kantor medis dan perorangan. Nursing agency adalah perusahaan kecil yang dikelola oleh individu. (Blanche)
Home Nursing agency berarti suatu agen agen yang menyediakan jasa yang secara langsung, atau bertindak sebagai suatu agen penempatan, dalam rangka memberikan keterampilan jasa perawatan ke para orang lain di tempat tinggal mereka.( (National Private Duty Association, Life Services Network, Illinois Home Care Council, 2007)
Jadi nursing agency adalah suatu bisnis yang menyediakan perawat tambahan untuk merawat seseorang ke rumah sakit, individu dan kantor medis dalam rangka memberikan jasa perawatan dengan cara : mengenali kebutuhannya, memenuhi kebutuhan, melatih kemampuannya dalam waktu tertentu, biasanya nursing agency adalah sebuah perusahaan kecil yang dikelola oleh individu.




B. Tujuan nursing agency
Berdasarkan pengertian nursing agency maka tujuan dari nursing agency adalah :
1. Memenuhi kebutuhan individu untuk mencapai kemandirian dengan cara mengenali kebutuhan dan kemampuannya.
2. Menyediakan pelayanan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh klien
3. Memberikan kemudahan bagi institusi yang membutuhkan tenaga kesehatan sementara/ dalam jangka waktu tertentu
4. Menyalurkan jasa tenaga kesehatan dalam bidang keperawatan dalam menerapkan potensi professional
5. Menyediakan jasa yang secara langsung atau bertindak sebagai suatu agen penempatan, dalam rangka memberikan ketrampilan jara perawatan kepada orang lain

C. Manfaat dan Kerugian Nursing Agency
Manfaat nursing agency
1. Jadwal perawat fleksibel. Perawat bisa menyelesaikan tugas mereke di rumah sakit kemudian mengambil waktu istirahat hal ini bisa di manfaatkan untuk mereka yang mengambil studi.
2. Bayarannya biasanya lebih tinggi karena mereka mengeluarkan biaya trasportasi dan mereka juga biasanya digunakan dilokasi dan dalam posisi dengan memiliki tingkat turnover yang tinggi.
Kerugian nursing agency
1. Rumah sakit membayar upah lebih tinggi sehingga banyak memakan anggaran sehingga mereka coba-coba cara baru untuk memenuhi kebutuhan staf mereka.
2. Perawat agen tidak dilindungi oleh serikat pekerja
( medical careers guide,2011)

D. Pengaturan Nursing Agency
1. Ketenagaan (Dean, 2004)
Ketenagaan harus memiliki sertifikat dan memiliki ijin. Mereka harus mempunyai suatu cakupan pengetahuan yang cukup, pengalaman dan keahlian untuk menjalankan agency. Pendaftaran inspektorat harus didasarkan dengan relevansi departemen pemerintahan atau komisi pengawas, mereka akan memiliki kriteria-kriteria untuk di inspeksi. Materi utama yang nantinya akan diperiksa meliputi:
• Beberapa perubahan untuk staff managemen dan personil yang berkualitas yang bertanggung jawab untuk perekrutan dan penempatan.
• Penempatan arsip perawat.
• Penanganan keluhan.

2. Administrasi (Dean, 2004)
Semua staff dilibatkan dengan wawancara dan penempatan perawat harus sesuai dengan keahliannya. Salinan tentang staff NMC harus disampaikan untuk mendapat persetujuan oleh pendaftaran. Bagian pendaftaran harus diberitahukan di dalam menulis tentang segala perubahan kepada anggota agency untuk disetujui, dan memasukkan dokumentasi.
Semua personil yang dipekerjakan oleh agen dijaring dengan pewawancaraan staff dan staff penempatan perlu menerima pelatihan yang sesuai meliputi: pengoperasian agen, ketentuan hukum, pewawancaraan, memproses aplikasi, dan kecakapan checking. Mereka juga mempunyai kemampuan untuk menilai ketrampilan agen keperawatan dan menyesuaikan dengan kebutuhan klien. Agen mestinya tidak dengan sadar mempekerjakan seseorang yang mungkin dianggap tak layak kecuali dengan persetujuan yang tertulis.
3. Hal yang harus dimiliki home nursing agency (National Private Duty Association, Life Services Network, Illinois Home Care Council, 2007)
Home Nursing agency harus:
1. Memiliki surat persetujuan tertulis dengan klien.
2. Adanya aturan untuk penerimaan dan pemecatan klien.
3. Menyediakan jasa dibawah rencana perawatan yang dibedakan dengan yang lain.
4. Membicarakan dengan dokter klien.
5. Beroperasi di bawah kebijakan-kebijakan tertulis yang mengatur administrasi dan pengawasan biologi dan obat.
6. Menyimpan arsip klinis.
7. Mengoperasikan suatu program peningkatan kualitas.



E. Pendapatan dan Asuransi (Dean, 2004)
1. Pendapatan.
Jika suatu agen beroperasi untuk pendapatan komersil, nasihat harus dicari dari otoritas departemen perencanaan lokal seperti pada pendapatan yang diusulkan agar dapat digunakan untuk beroperasinya suatu agen. Suatu aplikasi mungkin diperlukan guna untuk perubahan. Pendapatan harus menjamin keamanan, bersih dan yang sesuai yang diperlengkapi. Pendapatan direkomendasikan untuk arsip rahasia sehingga perlu lemari penyimpanan yang bisa mengunci, tahan api. Agen harus memajang suatu pesan yang memberi rincian badan pendaftaran yang sesuai di dalam kasus dari suatu permintaan keterangan atau keluhan.
2. Asuransi
Asuransi direkomendasikan kepada agen untuk mencari profesional asuransi, terutama sebagai berikut:
• Pekerja tanggungan asuransi ini adalah wajib hukumnya bagi semua bisnis dan salinan sertifikat dari asuransi harus ditunjukan pada semua pendapatan.
• Publik pertanggungan asuransi harus dilindungi dengan undang-undang.
• Perlindungan asset ( bangunan, contents,motor sarana (angkutan), komputer dan peralatan specialised) memberi pertimbangan khusus untuk mengasuransikan untuk penggantian asset.
• Asuransi malprakterk harus dilaksanakan dengan persetujuan undang-undang.

F. Perihal Keuangan (Dean, 2004)
1. Kerangka tentang undang-undang.
Perundang-undangan yang utama adalah pajak pendapatan dan tindak korporasi tahun 1988 yang telah diamandemen oleh finance act. Agen harus tercatat di kantor pajak setempat guna mendapatkan nomor, jumlah acuan, dan dokumen dan perlu juga petunjuk untuk operasi pajak dan sistem asuransi nasional untuk agen.
Agen harus memberitahukan kepada kantor pajak apakah sistem gaji dilakukan secara manual atau komputerisasi. Jika terjadi perubahan agen harus memberitahukan kepada kantor pajak.

2. Pajak dan asuransi nasional
Staff agen harus terbiasa dengan pajak dan Sistem Asuransi Nasional dan bisa menasehati perawat agen dengan tepat. Jika ragu-ragu, agen perlu menghubungi kantor pajak atau agen kontribusi untuk bantuan dan nasihat. Rincian pajak perawat agen dan asuransi nasional harus didapatkan saat wawancara dan menerangkan metode pembayaran agency. Pelamar seharusnya ditanya apakah mereka bersedia hak atas upahnya dikurangi untuk kontribusi asuransi nasional.

3. Pajak pertambahan nilai.
Ketika ukuran agency mengalami perputaran mungkin diperlukan untuk mendaftarkan pajak pertambahan nilai. Bagaimanapun pajak pertambahan nilai dibebankan kepada status agen.
• Status agen harus dietntukan sebelum agen mulai beroperasi.
• Status dari agen tergantung dari beberapa faktor yaitu terminologi agen dan kondisi-kondisi penempatan staff dan agen.
• Pertanyaan status adalah kompleks dan nasihat perlu dicari dari suatu penasehat hukum dan seorang akuntan.
4. Pembayaran ke agen
Para agen harus mempunyai dana yang cukup untuk mebayar perawat dengan mengabaikan apakah klien telah membayar agen atau tidak. Perawat harus dilengkapi dengan rincian gaji. Gaji perawat perlu menunjukan kode pajak mereka sekarang, pengurangan pajak komulatif dan total gaji sampai saat ini. Tiap-tiap perawat yang ditugaskan harus mempunyai nomor gaji.

5. Pensiunan
Dalam undang-undang Rencana Pensiun tahun 2001 adalah menuntut pemberi kerja dengan karyawan lima orang atau lebih untuk memberikan pensiunan.

6. Keuntungan Pajak Agency
Bisnis akan diperlukan untuk memfile suatu pajak tahunan dan mematuhi peraturan di atas. Hal ini diperlukan untuk memperkirakan laba tahunan dan pajak upah.

G. Perekrutan (Dean, 2004)
1. Lamaran
Formulir lamaran harus dirancang untuk mengambil ke dalam kecakapan tanggung jawab para pekerja. Lamaran merupakan suatu gagasan yang baik untuk menggunakan catatan untuk mengurangi resiko salah mengira.
2. Identitas Pribadi
Identitas pribadi meliputi:
a. Nama Lengkap
b. Alamat
c. Tempat, tanggal lahir
d. Agama
e. Dll
3. Keterampilan
Mengikuti training atau kursus.
4. Pengalaman Kerja
Memiliki pengalaman kerja setidaknya lima tahun memberi pertimbangan untuk meletakkan dimana di dalam ketenagakerjaan.
5. Catatan Kesehatan
Pelamar harus memberikan keterangan tertulis yang menunjukkan dirinya telah di imunisasi sebagai syarat untuk melakukan praktek. Pelamar juga harus menunjukkan rincian kesehatan, meliputi:
• Penyakit menular yang diderita pelamar
• Kesehatan psikis dan fisik pelamar
• Penyakit yang berhubungan dengan punggung
• Pemeriksaan kesehatan terakhir.

6. Kesediaan
Surat perjanjian yang berisi ketersediaan perawat melakukan pekerjaan bersama agen.
7. Wawancara
Semua perawat agen harus diwawancarai oleh seseorang yang memiliki kecakapan dan telah disetujui oleh badan pendaftaran. Wawancara harus berlangsung disuatu tempat yang bebas dari gangguan atau pengacau.
8. Final statemen.
Pada waktu ini agen perlu juga memastikan bahwa perawat agen memahami bahwa:
• mereka secara profesi bertanggung jawab untuk tindakan mereka
• mereka harus dapat dipercaya dan tepat pada waktunya
• mereka berpakaian yang bisa diterima oleh klien
• mereka harus mentaati Kesehatan & Keselamatan di tempat kerja.
• identifikasi agen badge/card harus dikenakan atau dibawa terus menerus ketika bekerja
9. Acuan
orang yang memberi penilaian pada pelamar harus memberikan konfirmasi informasi yang benar tentang pelamar dan menafsirkan:
• apakah pelamar tersebut pantas bekerja untuk agen
• catatan penyakit.
• Kejujuran.
• Keandalan.
• Kemampuan profesional.
10. Surat keterangan catatan kepolisisan ( CRB)
CRB akan menyediakan suatu pelayanan yang disebut disclosure. Ada 3 level disclosure:
• Basic disclosure menunjukan semua hukuman pada tingkat nasional.
• Standard disclosure terutama untuk posisi yang melibatkan kontak reguler dengan anak-anak dan kepekaan terhadap orang tua. Ini berisikan tentang semua catatan hukuman lebih detail tentang perhatian, cercaan, atau peringatan.
• Enhanced disclosure adalah kontak yang lebih besar kepada anak-anak atau orang dewasa seperti perawat, pekerja sosial, dan dokter. Ini melibatkan suatu tingkat ekstra untuk berkonsultasi dengan arsip kepolisian lokal sebagai tambahan terhadap cek dengan Polisi Komputer Nasional ( PNC) dan Daftar Departemen Pemerintah.

H. Menyediakan pelayanan yang baik kepada perawat. (Dean, 2004)
Agen harus menyediakan suatu buku pegangan pegawai yang meliputi:
• Peran dan tanggung jawab.
• Kebutuhan tata kearsipan.
• Pelatihan.
• Informasi kesehatan dan keselamatan.
• Jaminan asuransi.
Untuk mencapai standard tinggi di dalam menempatkan suatu agen perawat, kebutuhan kedua-duanya klien dan perawat harus diambil dipertimbangan. Manajer Agen diharapkan untuk:
• mendengarkan, menilai, berkomunikasi dengan dan menasehati klien.
• memonitor mutu penempatan untuk kedua-duanya klien dan perawat agen serta kepuasan.


I. Mendirikan Nursing Agency.
Dalam mendirikan sebuah usaha nursing agency, perlu dilakukan beberapa hal :
1. Menentukan lokasi yang strategis dan memadai yang sesuai
2. Memiliki aturan dan pengaturan usaha yang matang yang dapat membantu mengkuatkan menangani perdagangan
3. Memiliki aturan kesepakatan antara pelanggan dengan pekerja dalam agency, seperti pelayanan yang tersedia atau biaya yang sesuai
4. Memiliki aturan dan ketegasan yang ketat sehingga dapat menangkis kelalaian yang dapat menimbulkan kerugian
5. Mengiklankan usaha yang didirikan kepada semua orang yang nantinya menjadi konsumen/ target sasaran bagi pengguna jasa nursing agency, mungkin dapat dilakukan dengan menyebar selebaran,menyebar kartu nama, membuat situs periklanan yang mudah atau pun melalui sarana media seperti TV, Radio, internet, atau surat kabar
6. Mempersiapakan sarana prasarana yang diperlukan.
7. Menyiapkan sebuah kantor di lokasi di mana pelanggan dikelola dekat,
8. Memiliki prinsip-prinsip sehingga dapat menata dan mengelola usaha dengan baik.
Strategi pemasaran dalam enterpreneur terdiri dari 5 elemen yaitu:
1. Pemilihan pasar.
Pasar yang dipilih dalam bisnis nursing agency adalah rumah sakit, home care, klinik, praktek dokter yang membutuhkan tenaga kerja perawat tambahan.
2. Perencanaan produk
Produk yang ditawarkan adalah jasa perawat. Dimana perawat agen memiliki pengetahuan yang cukup, ketrampilan dan pengalaman.
3. Penetapan harga.
Harga disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan dan lamanya bekerja, selain itu harga ditetapkan berdasarkan persetujuan kedua belah pihak.
4. Distribusi
Distribusi dilakukan dengan mendirikan kantor nursing agency yang memiliki lokasi yang strategis, mudah dijangkau kendaraan umum.
5. Komunikasi pemasaran/promosi
Promosi dilakukan dengan selebaran , kartu nama, membuat situs periklanan yang mudah atau pun melalui sarana media seperti TV, Radio, internet, atau surat kabar
J. Mengoperasikan Nursing Agency
Untuk mengoperasikan satu nursing agency membutuhkan banyak dana , karena lembaga perawat untuk membayar kepada perawat sebagai dan ketika mereka bekerja di rumah sakit, sedangkan lembaga keperawatan mendapatkan pembayaran setelah 3 sampai 4 bulan. Nursing agency beroperasi pada margin 4% sampai setinggi 70% tergantung pada kualitas perawat dilibatkan oleh agen. (Blanche)
Nursing agency beroperasi untuk memenuhi kebutuhan musiman rumah sakit. Rumah sakit lebih memilih membayar lembur untuk staf mereka selama liburan bukan availing jasa seorang agen keperawatan untuk mempekerjakan perawat melalui mereka. Pada bulan-bulan musim panas, ketika staf rumah sakit terus liburan dengan durasi lama, ada bisnis yang baik untuk nursing agency. (Blanche)
Jadi untuk menjalankan nursing agency dibutuhkan dana yang banyak karena pembayaran akan didapatkan setelah 3 sampai 4 bulan sehingga untuk membayar perawat menggunakan dana yang dimiliki agen. Pada musim-musin tertentu permintaan perawat mungkin akan meningkat karena banyaknya staff yang liburan panjang sehingga dibutuhkan perawat pengganti untuk mengisi kekosongan staf


















BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan.
Jadi nursing agency adalah suatu bisnis yang menyediakan perawat untuk merawat seseorang ke rumah sakit, individu dan kantor medis dalam rangka memberikan jasa perawatan. Sedangkan home nursing agency adalah suatu agen yang secara langsung menyediakan perawat untuk memberikan jasa kepada individu di rumahnya. Peraturan nursing agency ada 2 yaitu ketenagaan dan administrasi. Untuk perekrutan tenaga harus meliputi beberapa hal yaitu dengan melampirkan berbagai macam surat seperti surat tentang kesehatan, surat keterangan catatan kepolisisan, surat pernyataan persetujuan dan lain-lain.
Nursing agency memiliki beberapa manfaat/ keuntungan yaitu perawat memiliki waktu yang fleksibel dan bisa mendapat gaji yang lebih tinggi sedangkan kerugiannya adalah rumah sakit membutuhkan anggaran yang tinggi untuk membayar agen dan para perawat agen tidak memiliki serikat pekerja.

B. Saran
Nursing agency merupakan salah satu bisnis nurseenterpreneur yang masih jarang di Indonesia. Hal ini bisa di manfaatkan untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru di kalangan perawat. Dengan adanya nursing agency pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan secara optimal.
Selain itu bisnis kesehatan merupakan bisnis yang berkembang dengan cepat mengingat banyaknya perawat profesional yang dibutuhkan. Rumah sakit, home care, klinik, praktik dokter mencari alternatif untuk kebutuhan staff mereka, dengan kekurangan perawat yang terus meningkat kita memiliki kesempatan yang luas untuk memulai bisnis di bidang kesehatan seperti nursing agency.







DAFTAR PUSTAKA

Blanche, J. (n.d.). seasonal dependence of hospital on nurse agency. Retrieved Juni 10, 2011, from http://www.nursingstudenttutor.com.
Dean, C. A. (2004). Agency Nursing, RCN guidance for nursing and care agencies. London: Royal Collage of Nursing.
National Private Duty Association, Life Services Network, Illinois Home Care Council. (2007). The Home Health, Home Services and Home Nursing Agency Licensing Act. Illinois. (www.Isni.org/LinkClick.aspx?fileticket=WC7GYg4yZOE%3D) di unduh 3 Juni 2011
Sailormanyahya. (2010, September 5). Model Konsep Keperawatan Dorothea Orem. Retrieved Juni 3, 2011, from http://sailormanyahya.wordpress.com/wp-admin/mahasiswa keperawatan Universitas Borneo Tarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar